Jumat, 16 April 2010

KLIEN DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN RENDAH/ GANGGUAN KEMATANGAN KOGNITIF

Barbagai kondisi dapat mengakibatkan gangguan kematangan kognitif, antara lain akibat penyakit : retardasi mental, Sindrom Down ataupun situasi sosial, misal pendidikan yang rendah, kebudayaan primitif dsb.
Dalam berkomunikasi dengan klien dengan gangguan kematangan, sebaiknya anda mempertahankan prinsip komunikasi bahwa komunikasi dilakukan dengan pendengaran komunikasi efektif, yaitu mengikuti kaidah sesuai kemampuan audiens (capability of audience) sehingga komunikasi dapat berlangsung lebih efektif.
Komunikasi dengan klien yang mengalami gangguan kematangan kognitif :
1. Bebicara dalam tema yang jelas terbatas
2. Hindari menggunakan istilah yang membingungkan klien, usahakan menggunakan kata pengganti yang lebih mudah dimengerti, contoh atau gambar dan simbol
3. Berbicaralah dengan menggunakan nada yang relatif dasar dan pelan
4. Apabila perlu, lakukan pengulangan dan tanyakan kembali pesan untuk memastikan maksud pesan sudah diterima
5. Berhati-hatilah dalam menggunakan teknik komunikasi nonverbal karena dapat menimbulkan interpretasi yang berbeda pada klien

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Mempermudah dalam belajar bu. Syukron bu siti

Unknown mengatakan...

Boleh saya tahu buku yang bisa di gunakan untuk referensi pembuatan makalah tentang teknik komunikasi pada pasien gangguan kognitif ?
Saya kesulitian dalam menemukan referensi

Posting Komentar